Ketapang – Pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Ketapang dilakukan oleh Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan, SE., M.Si , yang ditandai dengan membunyikan sirine, Kamis (02/09/2021) malam.
Terlihat berbeda dari tahun kemaren, untuk mematuhi protokol covid 19 maka untuk peserta yang mengikuti pembukaan MTQ ke-XXIX dibatasi demi menjaga keselamatan bersama.
Ketua Panitia MTQ ke 29 tingkat Kabupaten Ketapang Marwannor memaparkan, MTQ dihadiri dan diikuti para khafilah dari 13 Kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 319 orang. MTQ tersebut digelar dua tahap. Tahap pertama pada 2 sampai 6 September dan tahap kedua pada 12 hingga 15 September 2021.
MTQ XXIX tahun 2021 ini dilaksanakan secara langsung dan virtual dengan mengambil tema “MTQ Membangun Generasi Qur’ani Menuju Ketapang Maju dan Bermartabat”
Pembukaan MTQ ke-XXIX berlangsung lancar dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Dalam sambutannya Wakil Bupati Ketapang menyampaikan bahwa pada saat ini kita masih berada dalam kondisi pandemi.
“Kita harus berinovasi walau dalam kondisi pandemi, jadi kita tetap melaksanakan MTQ ini tapi dengan tetap menjalan protokol kesehatan”. terang Wabup.
Lebih lanjut beliau menekankan bahwa MTQ tahun ini harus berkualitas sehingga kedepan bisa menciptakan qori dan qoriah yang tangguh dan menjadi pemenang.
“Saya berharap kita berjuang bersama-sama agar kita mendapatkan juara umum pada MTQ tingkat provinsi tahun depan”. Tegas beliau.
Lebih lanjut beliau juga berpesan kepada pimpinan dan peserta yang mengikuti MTQ agar terus berlatih dan menjaga kesehatan.
“Jaga nama baik Kecamatan dan MTQ tingkat Kabupaten dan semoga berhasil, siapapun pemenangnya kami sangat senang.” ungkap beliau.
Selain itu beliau juga mengatakan pemerintah Kabupaten Ketapang tetap memfasilitasi kegiatan MTQ dari tahun ke tahun.
“Kita selalu meningkatkan anggaran, tak usah khawatir pemerintah selalu memfasilitasi baik MTQ tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional” ujar Wabup.
Selanjutnya beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia MTQ XXIX telah bekerja dengan baik.
“Semoga MTQ XXIX tingkat Kabupaten Ketapang berjalam lancar dan menghasilkan qori dan qoriah yang handal.” Pungkas Wabup.
Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, S.Sos.,M.Si menyatakan kekaguman beliau dalam suasana Pandemi Covid 19 ini tidak menyulutkan peserta untuk mengikuti MTQ ke-XXIX ini. “Saya ucapkan selamat mengikuti, semoga dapat mengharumkan nama Kecamatannya masing-masing,” tuturnya.
Melalui perhelatan MTQ ini, diharapkan kita semua dapat merefleksi, bertafakur untuk membangun akhlak dan peradaban sehingga dengan terselenggaranya MTQ tahun ini akan lahir qori’ dan qori’ah baru yang menjunjung tinggi nilai dan makna dari Al-Qur’an.
Serta kedepan dapat bersaing ke kancah tingkat Provinsi, Nasional dan membanggakan Kabupaten Ketapang sesuai dengan tema MTQ Ke-XXIX yakni “ MTQ Membangun Generasi Quar’ani Menuju Ketapang Maju Dan Bermatabat,”

Pembukaan MTQ ke-XXIX tahun 2021 tingkat Kabupaten Ketapang juga dihadiri Ketua DPRD M.Febriadi, S. Sos.,M.Si, Kejari Ketapang Alamsyah, SH.,MH, Sekda Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si, Asisten setda ketapang, staf ahli, Sekretaris DPRD Ketapang, Drs. Maryadi Asmu’ie, Forkopimda, Kepala SOPD, camat, Pengurus LPTQ, Panitia dan undangan lainya.(lp.ms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here